Selasa, 24 Februari 2015

Bahaya Mie Instan

Mie instan adalah salah satu alternatif bagi kebanyakan orang sebagai pengganti makanan pokok. Alasannya biasanya karena lauk sudah habis atau tidak sempat masak karena terlalu sibuk dengan rutinitas. Adapun yang memilih mie instan untuk menghemat uang karena harganya yang murah.






Dibalik harganya yang murah dan rasanya yang enak, mie instan ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh apabila terlalu sering mengkonsumsinya. Mungkin juga banyak yang sudah mengetahui bahaya dari mie instan ini namun karena terdesak oleh keadaan ekonomi jadi mie instan digunakan sebagai alternatifnya. Apa saja bahaya tersebut? Simak berikut.





Bahaya Mie Instan Bagi Tubuh :


Menyebabkan Kanker

Beberapa mie instantaneous dikemas dalam styrofoam, di mana styrofoam adalah agen penyebab kanker. Utamanya mie instantaneous yang hanya disajikan dengan direndam air panas, saat terkena panas, zat kimia di dalam styrofoam ini akan ikut bereaksi. Bayangkan saja bagaimana bila ia ikut larut juga masuk ke dalam tubuh.

Menyebabkan keguguran

Beberapa kasus keguguran mirisnya disebabkan karena mereka terlalu sering mengonsumsi mie instantaneous. Ternyata mie instantaneous memberikan pengaruh buruk pada janin, sehingga akhirnya keguguranpun terjadi.

Menghambat Penyerapan Nutrisi

Bahaya mengkonsumsi mie instantaneous setiap hari. Mie instantaneous akan menghambat juga membatasi penyerapan nutrisi asupan. Khususnya bagi mereka yang berumur di bawah 5 tahun, disarankan sama sekali tidak diberi konsumsi mie. Mie ini sangat bahaya apabila sampai mencegah penyerapan kandungan nutrisi. Anak bisa kurang gizi, kerdil juga bahkan perkembangannya lambat. Jadi bahaya mie instantaneous bagi anak sangatlah ngeri.

Mengacaukan Metabolisme Tubuh

Apabila dikonsumsi terus menerus juga dalam jangka waktu yang panjang, maka mie instantaneous dapat mengacaukan metabolisme tubuh. Akumulasi zat kimia berbahaya seperti pengawet juga pewarna akan menjadi racun di dalam tubuh.





Bahaya Dari Propylene Glycol

Mie instantaneous mengandung propylene glycol, sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Apabila tubuh menyerap zat tersebut maka, ia akan ditumpuk di region hati, ginjal serta lean meats. Menyebabkan kerusakan pada tubuh, terutama tiga region tersebut kemudian melemahkan immune tubuh. 

Bahaya Bagi Pencernaan

Apabila dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari, maka mie instantaneous berpotensi membahayakan pencernaan. Trouble pertama yang muncul adalah rasa begah, susah buang air besar juga ketidaknyamanan.

Kegemukan

Mengonsumsi mie instantaneous secara rutin juga menyebabkan kegemukan. Jumlah lemak juga salt yang tinggi di dalam mie instantaneous menyebabkan tidak dapat diserap tubuh juga akan tinggal menumpuk menjadi lemak. Tak heran apabila ia dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah dalam waktu singkat.

Kandungan MSG

Serta Anda perlu khawatir karena kandungan monosodium glutamate dalam mie instantaneous ini cukup tinggi. Mereka yang tidak tahan juga alergi terhadap MSG biasanya akan merasa selalu haus, dada terbakar, sakit kepala, wajah memerah juga nafas sesak.

Kandungan Garam Mie (Kandungan Asin)

instantaneous juga kaya akan kandungan salt yang dapat menyebabkan darah tinggi, penyakit jantung, cerebrovascular bahkan juga kerusakan pada ginjal. Terutama jika sering dikonsumsi, potensi terserang penyakit tersebut sangat tinggi. 

Mie Siap Saji Termasuk Makanan Tidak Sehat

Mie instant termasuk unhealthy foods yang mengandung karbohidrat sangat tinggi juga tanpa tambahan nutritional, mineral atau serat. Kandungan lemak jenuhnya juga tinggi sehingga kalori di dalamnya memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan.





Mie instan memang cocok untuk saat kita tidak ada waktu untuk masak. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi mie instan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Memang segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Apabila kita tidak terlalu sering mengkonsumi mie instan maka bahaya tersebut tidak akan menyerang kita. Usahakan untuk membatasi konsumsi mie instan. Minimal satu kali dalam satu bulan.
from :http://www.sehatsederhana.com/2015/02/bahaya-mie-instan-bagi-kesehatan-tubuh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar